Kamis, 17 November 2016

proposal usaha pembangunan klinik bersalin



KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunian-Nya sehingga Proposal Usaha ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Penyusunan proposal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Kewirausahaan di Stikes Mega Rezky Makassar, Tahun Ajaran 2016/2017. Saya menyadari bahwa dalam penyusunan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan, dan semoga proposal saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL …………………………………………………………………….
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………………………………….
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………… .
DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………
BAB I PENDAHULUAN
1.1  LatarBelakang ……………………………………………………………... 
1.2  Visi Dan Misi ……………………………………………………………….
BAB II ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
2.1 Susunan Tugas Operasional ……………………………………………...… 
2.2 Aspek-Aspek Pendukung …………………………………...……………...  
BAB III ASPEK FINANSIAL /  MODAL …………………………………………… 
BAB IV PENUTUP …………………………………………………………………... 



 
BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar belakang
Kesehatan merupakan faktor yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita, untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang biasa menangani pelayanan di bidang kesehatan. Sebagai warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi banyak permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat, pelayanan tersebut selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan milik swasta atau masyarakat sendiri.
Sistem kesehatan disusun untuk mendapatkan hasil guna kesehatan masyarakat secara maksimal dengan cara mengefektifkan semua sumber daya manusia yang tersedia, juga diperlukan adanya hubungan secara berjenjang dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang lebih rendah dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup banyak kendala yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan kesehatan tersebut.
Dalam kemajuan zaman di era globalisasi ini masyarakat indonesia semakin perduli dan sadar akan pentingnya kesehatan dan tingkat pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat pula. Masyarakat di daerah inipun juga sadar akan pentingnya kesehatan itu sehingga memerlukan tempat pelayanan kesehatan, namun sayangnya di daerah ini belum terdapat tempat pelayanan kesehatan yang mudah di jangkau.  Apabila masyarakat ingin berobat atau sekedar berkonsultasi kepada petugas kesehatan, warga harus menempuh jarak yang agak jauh dari tempat tinggal mereka. Jarak ini terkadang membuat warga menjadi kembali acuh akan kesehatan, mereka tidak menghubungi petugas kesehatan atau mengunakan tempat pelayanan kesehatan sebelum mereka benar-benar sakit yang tidak bisa mereka tahan lagi atau setelah sakit yang mereka alami terjadi lama, sehingga setelah menggunakan tempat pelayanan kesehatan mereka sudah dalam keadaan sakit yang sudah dalam stadium lanjut.
Oleh karena itu saya ingin membagun suatu tempat pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga dapat lebih mudah menjangkau tempat pelayanna kesehatan dan di harapkan warga dapat mencegah kemungkinan penyakitnya menjadi lebih parah atau untuk mengurangi kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan. Tingkat kesehatan warga akan meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya juga akan meningkat pula. 
B.    Visi, Misi, Maksud dan Tujuan
Visi       :     Menyehatkan masyarakat dan memasyarakatkan kesehatan
Misi      :
1.      Sebagai tempat masyarakat untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan yang mereka alami.
2.      Sebagai mitra Pemerintah dalam memberikan pelayanan prefentif dan kuratif serta rehabilitatif.
3.      Sebagai wujud pengabdian pada masyarakat dengan ikut serta dalam usaha warga untuk meningkatkan derajat kesejahteraan melalui peningkatan kesehatan.
4.      Menjalankan pengobatan sesuai prosedur, berkualitas dan dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.
5.      Memberikan pelayanan medis dasar yang berbasis murah terjangkau
Maksud dan tujuan  Klinik Bersalin Sayang Ibu adalah :
1.      Meningkatkan derajat kesehatan jasmani dan rohani.
2.      Meningkatkan dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedik
3.       Meningkatkan kehidupan social ekonomiMemberikan pelayanan kepada masyarakat dalam idang kesehatan.


BAB II
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
A.     Susunan Tugas Operasioal
Rumah Bersalin KASIH IBU memiliki tenaga kerja yang terdiri dari
1. Direktur
a.       Bertugas sebagai pemimpin dari Rumah Bersalin KASIH IBU tersebut, agar segala macam kegiatan yang direncanakan dapat tercapai dan dapat mencapai sasaran.
b.      Mengatur dan bertanggung jawab terhadap kinerja bawahannya.
c.       Donatur tetap setiap acara yang diadakan Balai Pengobatan
2. Manager
a.       Menentukan dan mengatur pembagian tugas karyawan.
b.      Merumuskan pokok-pokok kebijaksanaan dalam bidang produksi/pelayanan, pemasaran, dan keuangan.
c.       Bertanggung jawab dalam menyeleksi tenaga kerja yang mau bekerja di Klinik Bersalin Sayang Ibu
d.      Menjalin relasi dengan pihak lain dalam setiap kegiatan yang dilakukan klinik bersalin Sayang Ibu
e.      Mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan Klinik Bersalin Sayang Ibu
3. Dokter Penanggung Jawab
a.       Bertanggung jawab atas semua kegiatan di Rumah Bersalin Sayang Ibu
b.      Bertanggungjawab terhadap pelaksanan pengobatan
c.       Berperanserta melayani pasien dalam pengobatan
d.      Memberikan pelimpahan/penjelasan kerja pada bawahannya (dr. Pelaksana).
e.      Melakukan kunjungan rumah ( home care)
4. Dokter Pelaksana
a.       Melayani pasien sesuai tugas
b.      Memberikan konseling sesuai dengan permasalahan kesehatan yang di alami pasien
c.       Bergantian sif dengan dr. Penanggung jawab dalam bertugas
d.      Melakukan kunjungan rumah ( home care)
5.  Bidan Profesional
a.       Melakukan kunjungan rumah/home care
b.      Melakukan asuhan kebidanan
c.       Mengontrol tindakan yang dilakukan oleh bidan vokasional
d.      Mengatur pelaksanan kegiatan kebidanan di klinik bersalin sayang ibu
e.      Bertanggung jawab atas pembukuan keuangan harian
f.        Bertugas setiap hari untuk menerima pasien/administrasi
g.       Memberikan obat kepada pasien berdasarkan resep dokter
h.      Melakukan tindakan kebidanan pada pasien
i.         Melakukan kunjungan rumah bersama bidan profesonal/dokter bila di perlukan
6.  Cleaning service
a.       Sebagai tenaga yang memberikan kenyamanan dengan menjamin kebersihan ruangan Balai pengobatan
b.      Membersihkan peralatan dan ruangan di klinik bersalin Sayang Ibu
c.       Sebagai penjaga malam klinik bersalin Sayang Ibu
B.     ASPEK-ASPEK PENDUKUNG
1.      analisis pasar dan pemasaran produk / jasa yang dihasilkan
a.          Keunggulan yang dimiliki
Produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari KB kami adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter yang profesional dan memiliki Surat Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek. Selain itu KB SAYANG IBU juga melayani pembelian Khitan dan konsultasi kb yang akan dilayani oleh bidan yang jaga maupun dokter jaga setiap hari.
b.      Gambaran Pasa
data penghasilan pasien berkunjung (1 – 5 tahun yang akan datang)
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu, dan mereka berkunjung ke KB.
2.       kegiatan pemasaran dan promosi yang akan dilakukan
a.       Personal selling
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di klinik sehat sejahtera, kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan dokter kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali berobat di KB.
b.      brosur
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar berobat di KB SAYANG IBU, selain itu kita juga memasang papan nama KB  kita di depan klinik dan juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama RB kami, dan hasilnya banyak yang berkunjung ke KB SAYANG IBU
c.       Fasilitas
Fasilitas yang akan kami dirikan guna mendukung kemajuan balai pengobatan ini adalah sistem pendaftaran yang diatur menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berkunjung ke KB SAYANG IBU.
3.      target atau segmen pasar yang dituju
Target utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan RB KASIH IBU di Nginden, Bratang, dan wilayah Surabaya lainnya.
4.      proyeksi kunjungan pasien
Diperkirakan dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal, selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat, dll.
5.       STRATEGI PEMASARAN
a.       Dengan memasang sepanduk di tempat – tempat umum yang setrategis.
b.      Bekerja sama dengan kelompok PKK di setiap desa untuk mempromosikan ke masyarakat
c.       Melakukan kunjungan rumah guna melihat perkembangan pasien yang pernah berobat
d.      Berperan serta dalam kegiatan POSYANDU
e.       Memberikan sofenir buat anak-anak yang sunat
f.       Ruangan menggunakan pendingin Ac
g.       Area klinik menggunakan fasilitas Hot Spot, agar warga pedesaan pun mampu mengakses internet.
h.      Bekerja sama dengan tukang ojek yang mengantarkan pasien dengan memberikan komisi sebesar Rp. 5000 / pasien yang diantarkan.
i.        Pendataan pasien menggunakan sistem komputerisasi
6.      alur pelayanan
a.       Ruang Tunggu
b.      Ruang pemeriksaan/tindakan
c.       Penerimaan obat
d.      Konseling
e.       Pembayaran administrasi




BAB III
ASPEK FINANSIAL/MODAL
A.     FINANSIAL DAN MODAL

TABEL 1.1 FINANSIAL/MODAL YANG DIBUTUHKAN
FINANSIAL
MODAL
1.      Rehabilitasi gedung
Rp. 300.000.000
2.      Perizinan
Rp. 13.000.000
3.      Biaya pegawai
Rp. 5. 000.000
4.      Sarana prasarana (etalase,kuri & meja)
Rp. 7.500.000
5.      Oxigenasi
Rp. 2.000.000
6.      Alat bedah minor 3 set @ 175.000
Rp. 525.000
7.      Standar infuse
Rp. 150.000
8.      Sterilisator
Rp. 1.000.000
9.      Tensi meter air raksa 2 x 500.000
Rp. 1.000.000
10.  Tensi meter biasa 1 x 125.000
Rp. 125.000
11.  Termometer air raksa 2 buah x 8.000
Rp. 16.000
12.  Kartu rawat jalan 1000 lbr
Rp. 150.000
13.  Tempat sampah 5 buah
Rp. 125.000
14.  Cauter
Rp. 2.000.000
15.  Obat-obatan
Rp. 5.000.000
16.  Alat tulis kantor
Rp. 200.000
17.  Kasa gulung
Rp. 50.000
18.  Lampu Philip 4 x 30.000
Rp. 120.000
19.  CD 2 x 15.000
Rp. 30.000
20.  Lap tangan 3 x 10.000
Rp. 30.000
21.  Jam dinding
Rp. 50.000
22.  Spoid 3 pcs x 100.000
Rp. 300.000
23.  Alcohol, betadin dll
Rp. 500.000
24.  Biaya Promosi
Rp. 2.000.000
25.  Alat tes gol.darah, asam urat, kolestrol
Rp. 1.000.000
26.  AC 2 x 2.000.000
Rp.4.000.000
27.  Komputer
Rp. 4.000.000
28.  jaringan internet (wifi)
Rp. 2.000.000
TOTAL
RP. 351.770.000



TABEL 1.2 JENIS  PENGOBATAN/ PASIEN & ADMINISTRASI
JENIS PENGOBATAN
ADMINISTRASI
1.      Administrasi
Rp. 15.000
2.      Sirkumsisi
Rp. 300.000
3.      kb
*      suntik 1 bulan
*      suntik 3 bulan
*      pil

*      Rp. 25.000
*      Rp. 30.000
*      Rp. 15.000

4.      konsultasi
Rp.  50. 000
5.      surat keterangan sehat
Rp.15.000
6.      laboratorium
*      golongan darah
*      asam urat
*      kolestrol
*      tes pek

*      Rp. 25.000
*      Rp. 25.000
*      Rp. 25.000
*      Rp. 15.000
7.      perawatan luka
Rp. 50.000
8.      berobat
Rp. 75.000
9.      heacting up
Rp.50. 000
10.  heacting
Rp. 100.000

TABEL 1.3


1.      Gaji
a.       dr. penanggung jawab
b.      dr. pelaksana
c.       perawat provesonal
d.      perawat vokasional
e.       Bidan
f.       Cleaning service

a.       Rp. 3.000.000
b.      Rp. 5000.000
c.       Rp. 1000.000
d.      Rp. 1000.000
e.       Rp. 2000.000
f.       Rp. 500.000
2.      Listrik
Rp. 2000.000
3.      Obat-obatan
Rp. 2.000.000
4.      Plastik obat
Rp. 20.000
5.      Alat tulis
Rp. 20.000
6.      Telpon
Rp. 500.000
7.      Akses internet
Rp. 500.000
TOTAL
Rp.17.540.000


Bila program yang di rencanakan dapat terlaksana dengan biak, dengan perkiraan pasien berobat sekitar 20 pasien per hari dengan beraneka ragam pelayanan dengan tarif minimal Rp 75.000/pasien berobat sakit, maka income per bulan dengan rincian sebagai berikut:
TABEL 1.4 INCOME PERBULAN
JENIS PELAYANAN
ADMINISTRASI
1.      Tes gula darah 6 orang
Rp. 150.000
2.      Asam urat 8 orang
Rp. 200.000
3.      Golongan darah 5 orang
Rp. 75.000
4.      Kolestrol 7 orang
Rp. 175.000
5.      Pasien berobat sakit 407 orang
Rp. 30.525.000
6.      kb 48 orang
a.       Suntik 1 bulan 50 orang
b.      suntik 3 bulan 20 orang
c.       pil 15 orang
Rp. 2.075.000
7.      sirkumsisi 4 orang
Rp. 1.200.000
8.      Pasien dengan tindakan medis 14 orang
Rp. 2.000.000
9.      partus 20 orang
Rp. 40.000.000
TOTAL
Rp. 76.400.000
1.      ANALIS FINANCIAL a.  Biaya total
Total modal awal usaha untuk mendirikan Klinik Bersalin Sayang Ibu kurang lebih adalah Rp 351.770.000
b.   Pengeluaran perbulan
Total pengeluaran awal usaha untuk mendirikan Rumah Bersalin kurang lebih Rp. 17.540.000 perbulan
c.       Pemasukan perbulan
Total pemasukan yang dicapai di Klinik Bersalin Sayang Ibu kurang lebih Rp. 76.400.000
2.      PROFIT
n  = TR – TC
n  = Profit
TR = total refenyu
TC = total cost
Pemasukan perbulan    = Rp. 76.400.000
Pengeluaran perbulan  = Rp. 17.540.000
Jadi keuntungan bersih yang diperoleh perbulan dari Klinik Bersalin Sayang Ibu  sekitar Rp. 58.860.000, bila penghasilan yang di peroleh seperti diatas maka dalam jangka waktu 36 bulan sudah mampu mengembalikan modal awal usaha yang sebesar Rp 350.571.000



BAB IV
PENUTUP
Harapan saya untuk “Mendirikan Rumah Bersalin” ialah supaya kegiatan bisa lebih berkembang dan maju. Demikian Proposal ini kami buat. Besar harapan kami agar dapat didirikannya Rumah Bersalin ini. Atas perhatian dan kerjasama serta kesadarannya, kami ucapkan Terima Kasih.



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar