KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunian-Nya sehingga Proposal
Usaha ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Penyusunan
proposal ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah
Kewirausahaan di Stikes Mega Rezky Makassar, Tahun Ajaran 2016/2017. Saya menyadari
bahwa dalam penyusunan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena
itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan, dan semoga
proposal saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL …………………………………………………………………….
LEMBAR
PENGESAHAN …………………………………………………………….
KATA
PENGANTAR …………………………………………………………………
.
DAFTAR
ISI ……………………………………………………………………………
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 LatarBelakang ……………………………………………………………...
1.2 Visi Dan Misi ……………………………………………………………….
BAB
II ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
2.1 Susunan Tugas Operasional
……………………………………………...…
2.2 Aspek-Aspek Pendukung
…………………………………...……………...
BAB
III ASPEK FINANSIAL / MODAL ……………………………………………
BAB
IV PENUTUP …………………………………………………………………...
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang
Kesehatan merupakan faktor yang paling dominan dalam kehidupan masyarakat kita,
untuk itu diperlukan suatu lembaga atau balai yang biasa menangani
pelayanan di bidang kesehatan.
Sebagai warga yang sedang berkembang, sampai saat ini kita masih menghadapi
banyak permasalahan kesehatan masyarakat. Dalam rangka upaya menanggulangi
permasalahan kesehatan tersebut pemerintah telah berupaya mengembangkan
berbagai macam kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat, pelayanan tersebut
selain dilaksanakan di sarana kesehatan milik pemerintah juga sarana pelayanan
milik swasta atau masyarakat sendiri.
Sistem kesehatan disusun untuk mendapatkan hasil guna
kesehatan masyarakat secara maksimal dengan cara mengefektifkan semua sumber
daya manusia yang tersedia, juga diperlukan adanya hubungan secara berjenjang
dari tingkat yang tertinggi hingga tingkat yang lebih rendah
dalam kaitan kualitas pelayanan masyarakat. Disadari masih cukup banyak kendala
yang harus diatasi untuk menjamin berhasilnya berbagai pelayanan kesehatan
tersebut.
Dalam kemajuan zaman di era globalisasi ini masyarakat
indonesia semakin perduli dan sadar akan pentingnya kesehatan dan tingkat
pemanfaatan unit pelayanan kesehatan semakin meningkat pula. Masyarakat di
daerah inipun juga sadar akan pentingnya kesehatan itu sehingga memerlukan
tempat pelayanan kesehatan, namun sayangnya di daerah ini belum terdapat tempat
pelayanan kesehatan yang mudah di jangkau. Apabila masyarakat ingin berobat atau sekedar
berkonsultasi kepada petugas kesehatan, warga harus menempuh jarak yang agak jauh dari tempat
tinggal mereka. Jarak ini terkadang membuat warga menjadi kembali acuh akan
kesehatan, mereka tidak menghubungi petugas kesehatan atau mengunakan tempat
pelayanan kesehatan sebelum mereka benar-benar sakit yang tidak bisa mereka
tahan lagi atau setelah sakit yang mereka alami terjadi lama, sehingga setelah
menggunakan tempat pelayanan kesehatan mereka sudah dalam keadaan sakit yang
sudah dalam stadium lanjut.
Oleh karena itu saya ingin membagun suatu tempat
pelayanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau oleh warga sehingga warga dapat
lebih mudah menjangkau tempat pelayanna kesehatan dan di harapkan warga dapat
mencegah kemungkinan penyakitnya menjadi lebih parah atau untuk mengurangi
kemungkinan komplikasi yang dapat ditimbulkan. Tingkat kesehatan warga akan
meningkat dan seiring dengan itu kesejahteraannya juga akan meningkat
pula.
B. Visi, Misi,
Maksud dan Tujuan
Visi
: Menyehatkan masyarakat dan
memasyarakatkan kesehatan
Misi :
Misi :
1. Sebagai
tempat masyarakat untuk mengkonsultasikan masalah kesehatan yang mereka alami.
2. Sebagai
mitra Pemerintah dalam memberikan pelayanan prefentif dan kuratif serta
rehabilitatif.
3. Sebagai
wujud pengabdian pada masyarakat dengan ikut serta dalam usaha warga untuk
meningkatkan derajat
kesejahteraan melalui peningkatan kesehatan.
4. Menjalankan
pengobatan sesuai prosedur, berkualitas dan dapat terjangkau oleh semua
kalangan masyarakat.
5. Memberikan
pelayanan medis dasar yang berbasis murah
terjangkau
Maksud
dan tujuan Klinik
Bersalin Sayang Ibu adalah :
1. Meningkatkan
derajat kesehatan jasmani dan rohani.
2. Meningkatkan
dan memberdayakan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang paramedik
3. Meningkatkan
kehidupan social ekonomiMemberikan pelayanan kepada masyarakat dalam idang
kesehatan.
BAB II
ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
A.
Susunan Tugas Operasioal
Rumah Bersalin KASIH IBU memiliki tenaga kerja yang terdiri dari
1. Direktur
Rumah Bersalin KASIH IBU memiliki tenaga kerja yang terdiri dari
1. Direktur
a. Bertugas
sebagai pemimpin dari Rumah Bersalin KASIH IBU tersebut, agar segala macam kegiatan yang direncanakan
dapat tercapai dan dapat mencapai sasaran.
b. Mengatur
dan bertanggung jawab terhadap kinerja bawahannya.
c. Donatur
tetap setiap acara yang diadakan Balai Pengobatan
2. Manager
a. Menentukan
dan mengatur pembagian tugas karyawan.
b. Merumuskan
pokok-pokok kebijaksanaan dalam bidang produksi/pelayanan, pemasaran, dan
keuangan.
c. Bertanggung
jawab dalam menyeleksi tenaga kerja yang mau bekerja di Klinik Bersalin Sayang Ibu
d. Menjalin
relasi dengan pihak lain dalam setiap kegiatan yang dilakukan klinik bersalin Sayang Ibu
e. Mengatur
pemasukan dan pengeluaran keuangan Klinik
Bersalin Sayang Ibu
3. Dokter Penanggung Jawab
a. Bertanggung
jawab atas semua kegiatan di Rumah Bersalin Sayang Ibu
b. Bertanggungjawab
terhadap pelaksanan pengobatan
c. Berperanserta
melayani pasien dalam pengobatan
d. Memberikan
pelimpahan/penjelasan kerja pada bawahannya (dr. Pelaksana).
e. Melakukan
kunjungan rumah ( home care)
4.
Dokter Pelaksana
a. Melayani
pasien sesuai tugas
b. Memberikan
konseling sesuai dengan permasalahan kesehatan yang di alami pasien
c. Bergantian
sif dengan dr. Penanggung jawab dalam bertugas
d. Melakukan
kunjungan rumah ( home care)
5.
Bidan Profesional
a. Melakukan
kunjungan rumah/home
care
b. Melakukan
asuhan kebidanan
c. Mengontrol
tindakan yang dilakukan oleh bidan vokasional
d. Mengatur
pelaksanan kegiatan kebidanan di
klinik bersalin sayang ibu
e. Bertanggung
jawab atas pembukuan keuangan harian
f.
Bertugas setiap hari untuk menerima pasien/administrasi
g. Memberikan
obat kepada pasien berdasarkan resep dokter
h. Melakukan
tindakan kebidanan pada pasien
i.
Melakukan kunjungan rumah bersama bidan profesonal/dokter
bila di perlukan
6. Cleaning service
a. Sebagai
tenaga yang memberikan kenyamanan dengan menjamin kebersihan ruangan Balai
pengobatan
b. Membersihkan
peralatan dan ruangan di
klinik bersalin Sayang Ibu
c. Sebagai
penjaga malam klinik
bersalin Sayang Ibu
B.
ASPEK-ASPEK PENDUKUNG
1.
analisis pasar dan pemasaran produk /
jasa yang dihasilkan
a.
Keunggulan
yang dimiliki
Produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari KB kami adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter yang profesional dan memiliki Surat Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek. Selain itu KB SAYANG IBU juga melayani pembelian Khitan dan konsultasi kb yang akan dilayani oleh bidan yang jaga maupun dokter jaga setiap hari.
Produk yang kami jual adalah pelayanan kesehatan yang diberikan pada masyarakat. Keunggulan dari KB kami adalah pelayanan kesehatan dilakukan oleh dokter yang profesional dan memiliki Surat Ijin Praktek yang bekerja pada jam praktek. Selain itu KB SAYANG IBU juga melayani pembelian Khitan dan konsultasi kb yang akan dilayani oleh bidan yang jaga maupun dokter jaga setiap hari.
b. Gambaran Pasa
data
penghasilan pasien berkunjung (1 – 5 tahun yang akan datang)
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu, dan mereka berkunjung ke KB.
Penurunan atau kenaikan pasien yang berkunjung biasanya disebabkan oleh cuaca, hari biasa/ hari keagamaan, dll. Dan biasanya kenaikan jumlah pasien yang berkunjung terjadi pada hari raya keagamaan, hal ini terjadi karena arus mudik. Selain itu perubahan cuaca yang terjadi juga menyebabkan kondisi kesehatan masyarakat bisa terganggu, dan mereka berkunjung ke KB.
2.
kegiatan pemasaran dan promosi yang akan dilakukan
a. Personal selling
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di klinik sehat sejahtera, kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan dokter kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali berobat di KB.
Personal selling adalah interaksi antar individu, saling bertemu, muka yang ditujukan untuk menciptakan, memperbaiki, menguasai dan mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain. Di klinik sehat sejahtera, kami melakukan personal selling dengan cara pelayanan yang diberikan dokter kepada pasien dilakukan semaksimal mungkin dan menggunakan bahasa komunikasi yang santun dan ramah tamah. Selain itu pasien selalu diberi kontrak agar kembali berobat di klinik apabila sakit yang diderita belum sembuh atau obat yang dikonsumsi habis, dan juga apabila akan dirujuk ke rumah sakit. Dan hasilnya sebagian pasien banyak yang kembali berobat di KB.
b. brosur
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar berobat di KB SAYANG IBU, selain itu kita juga memasang papan nama KB kita di depan klinik dan juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama RB kami, dan hasilnya banyak yang berkunjung ke KB SAYANG IBU
Kami telah membuat brosur yang berisi ajakan pada masyarakat agar berobat di KB SAYANG IBU, selain itu kita juga memasang papan nama KB kita di depan klinik dan juga kami mencetak plastik pembungkus obat yang diberi nama RB kami, dan hasilnya banyak yang berkunjung ke KB SAYANG IBU
c. Fasilitas
Fasilitas yang akan kami dirikan guna mendukung kemajuan balai pengobatan ini adalah sistem pendaftaran yang diatur menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berkunjung ke KB SAYANG IBU.
Fasilitas yang akan kami dirikan guna mendukung kemajuan balai pengobatan ini adalah sistem pendaftaran yang diatur menggunakan sistem komputerisasi, sehingga pasien yang sudah terdaftar data kami simpan untuk riwayat kesehatan. Selain itu, kami merencanakan area bermain anak-anak sebagai media penghibur bagi pasien yang berkunjung ke KB SAYANG IBU.
3.
target atau segmen pasar yang dituju
Target utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan RB KASIH IBU di Nginden, Bratang, dan wilayah Surabaya lainnya.
Target utama yang dituju adalah masyarakat yang berada disekitar lingkungan RB KASIH IBU di Nginden, Bratang, dan wilayah Surabaya lainnya.
4.
proyeksi kunjungan pasien
Diperkirakan dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal, selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat, dll.
Diperkirakan dari bulan pertama sampai bulan ke-12 akan selalu mengalami peningkatan pendapatan, pertama karena nama balai pengobatan yang mulai terkenal, selanjutnya karena kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat, dll.
5.
STRATEGI PEMASARAN
a. Dengan
memasang sepanduk di tempat – tempat umum yang setrategis.
b. Bekerja
sama dengan kelompok PKK di setiap desa untuk mempromosikan ke masyarakat
c. Melakukan
kunjungan rumah guna melihat perkembangan pasien yang pernah berobat
d. Berperan
serta dalam kegiatan POSYANDU
e. Memberikan
sofenir buat anak-anak yang sunat
f. Ruangan
menggunakan pendingin Ac
g. Area
klinik menggunakan fasilitas Hot Spot, agar warga pedesaan pun mampu mengakses
internet.
h. Bekerja
sama dengan tukang ojek yang mengantarkan pasien dengan memberikan komisi
sebesar Rp. 5000 / pasien yang diantarkan.
i.
Pendataan pasien menggunakan sistem komputerisasi
6. alur
pelayanan
a.
Ruang Tunggu
b.
Ruang pemeriksaan/tindakan
c.
Penerimaan obat
d.
Konseling
e.
Pembayaran administrasi
BAB III
ASPEK FINANSIAL/MODAL
A. FINANSIAL
DAN MODAL
TABEL 1.1 FINANSIAL/MODAL YANG
DIBUTUHKAN
|
FINANSIAL
|
MODAL
|
|
1. Rehabilitasi
gedung
|
Rp. 300.000.000
|
|
2. Perizinan
|
Rp. 13.000.000
|
|
3. Biaya
pegawai
|
Rp. 5. 000.000
|
|
4. Sarana
prasarana (etalase,kuri & meja)
|
Rp. 7.500.000
|
|
5. Oxigenasi
|
Rp. 2.000.000
|
|
6. Alat
bedah minor 3 set @ 175.000
|
Rp. 525.000
|
|
7. Standar
infuse
|
Rp. 150.000
|
|
8. Sterilisator
|
Rp. 1.000.000
|
|
9. Tensi
meter air raksa 2 x 500.000
|
Rp. 1.000.000
|
|
10. Tensi
meter biasa 1 x 125.000
|
Rp. 125.000
|
|
11. Termometer
air raksa 2 buah x 8.000
|
Rp. 16.000
|
|
12. Kartu
rawat jalan 1000 lbr
|
Rp. 150.000
|
|
13. Tempat
sampah 5 buah
|
Rp. 125.000
|
|
14. Cauter
|
Rp. 2.000.000
|
|
15. Obat-obatan
|
Rp. 5.000.000
|
|
16. Alat
tulis kantor
|
Rp. 200.000
|
|
17. Kasa
gulung
|
Rp. 50.000
|
|
18. Lampu
Philip 4 x 30.000
|
Rp. 120.000
|
|
19. CD 2
x 15.000
|
Rp. 30.000
|
|
20. Lap
tangan 3 x 10.000
|
Rp. 30.000
|
|
21. Jam
dinding
|
Rp. 50.000
|
|
22. Spoid
3 pcs x 100.000
|
Rp. 300.000
|
|
23. Alcohol,
betadin dll
|
Rp. 500.000
|
|
24. Biaya
Promosi
|
Rp. 2.000.000
|
|
25. Alat
tes gol.darah, asam urat, kolestrol
|
Rp. 1.000.000
|
|
26. AC 2
x 2.000.000
|
Rp.4.000.000
|
|
27. Komputer
|
Rp. 4.000.000
|
|
28. jaringan
internet (wifi)
|
Rp. 2.000.000
|
|
TOTAL
|
RP.
351.770.000
|
TABEL
1.2 JENIS PENGOBATAN/ PASIEN &
ADMINISTRASI
|
JENIS PENGOBATAN
|
ADMINISTRASI
|
|
1. Administrasi
|
Rp. 15.000
|
|
2. Sirkumsisi
|
Rp. 300.000
|
|
3. kb
|
|
|
4. konsultasi
|
Rp. 50. 000
|
|
5. surat
keterangan sehat
|
Rp.15.000
|
|
6. laboratorium
|
|
|
7. perawatan
luka
|
Rp. 50.000
|
|
8. berobat
|
Rp.
75.000
|
|
9. heacting
up
|
Rp.50.
000
|
|
10. heacting
|
Rp.
100.000
|
TABEL 1.3
|
|
|
|
1.
Gaji
a.
dr.
penanggung jawab
b.
dr.
pelaksana
c.
perawat
provesonal
d.
perawat
vokasional
e.
Bidan
f.
Cleaning
service
|
a.
Rp.
3.000.000
b.
Rp.
5000.000
c.
Rp.
1000.000
d.
Rp.
1000.000
e.
Rp.
2000.000
f. Rp. 500.000
|
|
2.
Listrik
|
Rp. 2000.000
|
|
3.
Obat-obatan
|
Rp. 2.000.000
|
|
4.
Plastik
obat
|
Rp. 20.000
|
|
5.
Alat
tulis
|
Rp. 20.000
|
|
6.
Telpon
|
Rp. 500.000
|
|
7.
Akses
internet
|
Rp. 500.000
|
|
TOTAL
|
Rp.17.540.000
|
Bila program yang di rencanakan dapat terlaksana dengan
biak, dengan perkiraan pasien berobat sekitar 20 pasien per hari dengan
beraneka ragam pelayanan dengan tarif minimal Rp 75.000/pasien berobat sakit, maka income per bulan dengan
rincian sebagai berikut:
TABEL 1.4 INCOME PERBULAN
|
JENIS PELAYANAN
|
ADMINISTRASI
|
|
1.
Tes
gula darah 6 orang
|
Rp. 150.000
|
|
2.
Asam
urat 8 orang
|
Rp. 200.000
|
|
3.
Golongan
darah 5 orang
|
Rp. 75.000
|
|
4.
Kolestrol
7 orang
|
Rp. 175.000
|
|
5.
Pasien
berobat sakit 407 orang
|
Rp. 30.525.000
|
|
6.
kb
48 orang
a.
Suntik
1 bulan 50 orang
b.
suntik
3 bulan 20 orang
c.
pil
15 orang
|
Rp. 2.075.000
|
|
7.
sirkumsisi
4 orang
|
Rp. 1.200.000
|
|
8.
Pasien
dengan tindakan medis 14 orang
|
Rp. 2.000.000
|
|
9.
partus
20 orang
|
Rp. 40.000.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 76.400.000
|
1.
ANALIS FINANCIAL
a. Biaya total
Total modal
awal usaha untuk mendirikan Klinik
Bersalin Sayang Ibu kurang
lebih adalah Rp 351.770.000
b. Pengeluaran perbulan
Total pengeluaran awal usaha
untuk mendirikan Rumah Bersalin kurang lebih Rp. 17.540.000 perbulan
c. Pemasukan perbulan
Total pemasukan yang dicapai di
Klinik Bersalin Sayang Ibu kurang lebih Rp. 76.400.000
2.
PROFIT
n = TR – TC
n = Profit
TR =
total refenyu
TC =
total cost
Pemasukan
perbulan = Rp. 76.400.000
Pengeluaran
perbulan = Rp. 17.540.000
Jadi keuntungan bersih yang diperoleh perbulan dari Klinik Bersalin Sayang Ibu sekitar Rp. 58.860.000, bila
penghasilan yang di peroleh seperti diatas maka dalam jangka waktu 36 bulan
sudah mampu mengembalikan modal awal usaha yang sebesar Rp 350.571.000
BAB IV
PENUTUP
Harapan
saya untuk “Mendirikan Rumah Bersalin” ialah supaya kegiatan bisa lebih
berkembang dan maju. Demikian Proposal ini kami buat. Besar harapan kami agar
dapat didirikannya Rumah Bersalin ini. Atas perhatian dan kerjasama serta
kesadarannya, kami ucapkan Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar